Toyota Kijang Innova Diesel vs Bensin, Mana yang Paling Irit?

Jakarta – Nama Toyota Kijang telah melegenda sejak dekade 1970-an. Minibus ini menjadi mobil andalan masyarakat Indonesia sebelum hadirnya Toyota Avanza. Sekarang masyarakat dihadapkan dengan dua pilihan, Kijang Innova diesel vs bensin, mana yang paling irit?

Faktor ini menjadi pertimbangan mendasar bagi kebanyakan masyarakat Indonesia saat akan membeli mobil. Terlebih, Innova dibekali mesin 2.000 cc ke atas yang dikenal ‘banyak minum’. Sekalipun terkenal boros, kenyamanan dan kabin lega ala Innova masih menjadi magnet utama sehingga masih menjadi primadona di kelas MPV medium.

Masyarakat awam masih bimbang saat harus memilih antara Kijang Innova diesel vs bensin dari sisi konsumsi bahan bakar dan performa masing-masing. Secara umum, konsumsi bahan bakar Toyota Kijang Innova berkisar 8-10 km/liter. Kebimbangan ini semakin menjadi saat melihat varian diesel menawarkan torsi besar dengan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Toyota berhasil membuang stigma mobil diesel sebagai ‘angkot’ yang berisik dan kotor. Bagaimana tidak, mesin diesel common rail yang digunakan Innova, suaranya sangat halus dan getarannya juga rendah. Lebih asiknya lagi, knalpot tidak ngebul hitam layaknya cumi-cumi menyemburkan tinta.

Bagi yang doyan bepergian jauh bersama keluarga, opsi mesin diesel D4D menarik untuk jadi pilihan. Alasannya, banyak pengguna Innova diesel mengaku bila konsumsi solarnya bisa menembus 11 km/ liter. Torsinya juga besar di putaran bawah sehingga tarikan awalnya lebih enak saat penuh muatan.

sumber: https://www.carmudi.co.id/journal/toyota-kijang-innova-diesel-vs-bensin-mana-yang-paling-irit/

avatar
  Subscribe  
Notify of